Thursday, March 12, 2009

Adat Turki seputar tentang bayi & ibu melahirkan

Semenjak aku melahirkan sampai sekarang, aku masih terheran-heran dengan adat di turki (tempat jatuhnya masa khilafah Islam dulu) ternyata masih percaya dengan yang berbau animisme juga yah

Kali ini aku mau share ttg budaya dan adat istiadat Turki seputar bayi dan ibu yg sudah melahirkan. Nih aku runut yah;

1. Pas baby lahir, di kasih setetes madu di daerah bibirnya atau di mana yah (hilap alias lupa, soalnya lg berbaring). Kata mertua, ceunah buat pemanis, ga ngerti deh apa maksudnya.

Padahal yg namanya baby baru lahir, semuanya jg manis, cute and sweet. So what gitu loh dengan madu, ga ngaruh kaleee 

2. Baby dan ibu yg melahirkan (alias masih nifas) tdk boleh keluar rumah dulu selama 40 hari, kecuali kalau penting boleh keluar rumah. Kayaknya mungkin karena masa nifas kali yah, kan menurut hadits masa nifas seorang wanita sekitar 40 hari.

Padahal wanita kan beragam, ada yg sebulan, ada yg sebulan lebih ada jg yg dua bulan. Tp klo aku ga mikir macem2, aku mikirnya krn emang masa istirahat , di tambah skr di izmir msh dingin pula ga berani keluar rumah bawa baby.

3. Baby yg baru lahir kalau lg tidur sendirian di kamar, di taruh Al Qur'an dan pisau atau alat tajam lainnya di samping nya atau di dekatnya. Katanya buat menolak gangguan syetan.

Na'udzubillah aku pikir cuman di indo doang yg punya kepercayaan kayak ginian ternyata di Turki yg terkenal sekuler jg pada percaya toh . Lah yg bs menolak gangguan syetan ya hanya Allah dgn perantara doa dan surat dari Al Quran, seperti yg di contohkan oleh Rasulullah SAW. tul ga . Ttg yg satu ini ada stu cerita tp aku tunda yah di blog yg laen , intinya aku ga pernah setuju dgn yang kayak ginian. Ngeri jg lihat pisau di samping bayi

4. Hari ke-20 dan hari ke-40 si ibu dan baby harus mandi dengan air yg di celupin di dalam nya pake 40 batu yg sudah di bacain Al Ikhlas, trus 1 perak dan 1 emas. Trus mandinya jg ga boleh bareng, dan si ibu ga boleh liat anaknya mandi. Istilah turkinya "Kırklama", Duh macem2 deh!!!. Senasib neh masalah ini ama amalyah istanbul.

Ga ngerti jg maksudnya buat apa, cuman pas aku tanya si akang katanya ini cuman adat Turki sebelum datangnya Islam tp skr adatnya sudah di renovasi (sumber katanya dari website ttg budaya Turki).

Aku bilang asal ga ada tujuan ke arah syirik, padahal ini termasuk bid'ah jg , emang sih ada bid'ah yg di bolehkan dan ada yg tidak, asalkan engga bertentangan dgn aqidah dan ibadah syariat yg sudah jelas aturannya.

5. Ibu yg lg hamil atau bayi mulai umur 0 sampe 40 hari atau 3 bulan di peniti-in "nazar boncu" di bajunya. Berupa hiasan bulet tengahnya ada lingkaran biru dan hitam gitu, ini udah jadi ciri khas turki banget. Katanya buat penolak bala atau musibah dan semacamnya.

Lagi-lagi berbau mistis, menggantungkan sesuatu dengan seperti ini. Sama aja dengan jimat dong, dan akhirnya jatoh ke syirik, betul enggak? Tetep dong yg namanya keselamatan, kematian ada di tangan Yang Maha Kuasa, walau manusia nya juga yg harus berusaha untuk keselamatan dirinya.

Bener juga apa yg Mba Achie-aussie bilang, nanti klo berangkat ke Turki bawa buku2 rujukan ttg agama. Nah, kerasa neh sekarang. Alhamdulillah, buku2 seputar BAB SUNNAH FIKIH, ensiklopedia muslimah, buku2 islami pas mahar, dan beberapa buku favorit aku yang lainnya ikut aku bawa jg kesini.

Makanya dulu pas terbang kesini, kiloan bagasi sempet over limit krn bawa buku. Padahal ada satu kantong lg yg ga kebawa, kayak mahasiswa aja hihihi

Eniwey baswey, ayoo.. ada yg mau nambah lagi ttg budaya adat Turki?.... share yah dan gimana menyikapi adat yg kurang "sreg" dengan prinsip kita. Di tunggu okey

32 comments:

  1. duhh untung ya jauh dr mertua kekekkk.. soalnya bisa argumen dehh sama mrk.. yg nazar boncu aja jg terpaksa pas di Turki dipake.. mrk masih suka ngait2in sihh kejadian2 sama musibah.. klo tiba2 anak sakit atau celaka dikit pasti dehh langsung bilang krn nazar..

    oya disana kenya ga ada akikah potong kambing ya?? padahal jelas2 di AlQuran dijelasin..

    ReplyDelete
  2. Untung bukan, golok dan pedang yang ditaruh di bawah bantal bayi nya teh? :)

    ReplyDelete
  3. waaah dek...bener kata mayang...kalau aku jadi dirimu mungkin udah debat mati matian kali yah..hehe.....inshaAllah semoga sedikit demi sedikit budaya itu segera luntur dan digantikan oleh Islam..amin...keep fighting dek...loh kok?

    ReplyDelete
  4. weleh2..ternyate di turki ada juga yg begituan yeee...
    sabar2 ummu Zeynep, lewatin ajhaaa...secara itu bukan adat kita jd Iis santai ajha yaaa.....suuuuunn yg banyak buat calon menantu heheheee...

    ReplyDelete
  5. *tossss* dulu ah.....
    kta bener2 senasib ya neng...mmuahhh deh klo gtu...hihiihhi.
    poin yg pertama kejadian tuh kmrn pas mertua lg dtg ke istanbul..lg asyik2 sarapan sambil mrk gendong yusuf, dicolekin dwh tuh selai pekmes *yg dr buah pir ya?bnr ga neh namanya?!*ke bibir yusuf...aku cm bs meringis ngeliatnya...
    poin kedua ga terjadi di diriku neng...lah hr ke 7 aja udah berkunjung ke rmh kerabatnya, walo ga jauh seh naek mbl cm 10mnt..trus hr ke 10 udh bw yusuf jg ke RS buat kontrol...
    poin ketiga sama bgt tuh..hr kedua or ketiga apa ya aku ngegap ada pisau di bwh tmpt tdrnya, sempet komplain ke harun, katanya itu adat..pfiuhhhh untung bsknya udah ga ada!
    poin keempat beneran sm bgt, sempet berdebat jg sm harun...ufff mdh2an ntar pd lupa deh ya pas hari ke 40 hehehehe *mdh2an mertua ga tlp ke yengenya buat ngontrol!*
    poin kelima selamat ga kejadian di diriku......**hhihihih yabancı nakallll!**

    ReplyDelete
  6. ada yg lbh parah... ...alhmdulilah waktu bhri di jkt ga sprti point diatas.. waktu lahir.. ada ttnga kmr sblah.. prmpuan tua. masukin minyak sprti madu.. ktnya utk mlncrkan saluran dlm perut.. besoknya plng dr rs . waktu istrahat ketiduran..dimandiin rame2 ama klrga... smggu baru lhr udah jln.. jln nya ke rs..bhri hrus dirawat krn bilibirun tinggi... bahri umur sebulan smpi 3 bln ga sering mandi2..ga sering tp mandinya bareng aku kok.klo point no4 dan 5.. ga ada tuh... sabar2 aja deh dgn kejutan2 dtng dr turki

    ReplyDelete
  7. kalau yang ini kalau ga salah sunah deh...

    ReplyDelete
  8. enaknya dirimu may jauh dari mertua (what is that suppose to mean:-P ?!) ada akikahan, cuman ternyata ga semua orang melakukan akikah, ga tahu knp

    ReplyDelete
  9. hihihi... gudubraks emang bade debus nya kang :-P

    ReplyDelete
  10. amin, iya neh mudah2an nanti ke depan adat seperti ini akan luntur. Doain yah mba ;-)

    ReplyDelete
  11. nah loh, yenge mu ternyata agen rahasia toh hahaha :-P. Aku kemaren disuruh mandi pake kayak gituan loh di hari ke-20. Aku mah pura2 aja iya-iya, padahall.. hihihi *sstt jangan bilang-bilang yah :-D

    ReplyDelete
  12. sabar... sabarr.. *sambil elus elus dada :-D

    ReplyDelete
  13. oh sunah ya teh, tp aku blom denger haditsnya teh. Yg pernah aku baca mah paling ttg statusnya sama dengan yg haid. Ga shalat, puasa, baca quran, dll, tapi klo keluar rumah... ? emhh ...nanti aku cari-cari lg deh. Nuhun ya teh :-)

    ReplyDelete
  14. hihihihihi...emang di sana ada aja adat2 yg aneh....aku siy ga ada yg aku laksanain....( dasar gelin kurang ajar ) :P...

    ReplyDelete
  15. sayah mah suka pake kalung nazar boncu sejak kira2 10 tahunan yang lalu.. bukan untuk tolak bala sih.. cuman lucu bentuk & warnanya.. :-D
    Ari pek teh kebetulan ketemu akang nya urang Turki heheh.. pelet oge sigana mah si blue evil eye teh :P

    ReplyDelete
  16. OMG aku mah 2 minggu pergi kuliah, seminggu ikutan wisuda, hahaha

    ReplyDelete
  17. waktu dilara baru lahir ada yang kasih peniti emas nazar boncu, ada juga yang kasih koin yang ada nazar boncu di penitinya. abis tamunya pulang sama serkan disuruh buka, ntar kena tusuk! gitu katanya, hehehe...

    kl nazar boncu yg gede gede sih kita pasang, buat pajangan aja tapinya :-)

    ReplyDelete
  18. kalo aku mertua gak pernah pesen macam2, cuma pesennya kalo aku nyusuin Dilara disuruh sambil baca sureh (ayat2 pendek) which is aku suka lupa, malah sambil ceting atau sms-an, hahaha... waktu itu malah sambil nonton Desperate Housewives makanya baba-nya protes2, hehehe...

    trus kl kita cerita tadi di jalan banyak yang muji2 Dilara, trus mertua atau serkan tanya, tadi baca sureh gak pas banyak yang muji dan megang?

    ReplyDelete
  19. sama tien, malah aku sempet ngajak debat pula... *ini mah yaramaz gelin club:-D

    ReplyDelete
  20. sumuhun teh, abdi oge kapungkur di pasihan oleh2 nazar boncu ku si akang, lucu bentukna. Anu penting mah niat urangna nya teh ;-). Tah, geuningan aya bocoran si teteh kena pelet urang turki hehehe :-P

    ReplyDelete
  21. klo tahnik di mauskin ke mulut (dilangit2 mulut bayi), ini mah di tetesin di luar mulut. Besoknya pas di bawa ke rumah bibir atas zeynep merah, alergi kayaknya mah:-D

    ReplyDelete
  22. ufff... I wish deh, tp krn kebetulan lg musim dingin jdnya di pingit deh di rumah terus :-D

    ReplyDelete
  23. sma.. di rumah (bandung) jg aku ada pajangan nazar boncu yg gede, oleh2 dari tolga. Yg penting mah niat kita yah ga ke arah sana ;-)

    ReplyDelete
  24. samaan, kemaren jg yg ngunjungin zeynep, mereka komat kamit kayak baca doa atau surat2 kayaknya, trus di tiupin ke zeynep. Nah klo ttg menyusui, si tolga malah suruh aku tiap nyusuin hrs wudhu *gubraks. mana bisa, plus lg nifas pula

    ReplyDelete
  25. serkan juga suka nyuruh dan aku suka tidak kerjakan, hehehe... bandel banget deh aku ya???

    ReplyDelete
  26. heit... salah..salah.. sayah mah pake nazar boncuk jauh jauh hari sebelum kenal sang akang.. jadinya yg kena pelet justru akangnya.. hehhe..

    ReplyDelete
  27. Protes keras utk poin nomor 3, 4 dan 5!!!
    Berjuanglaaah.... with da'wah fardiyah....
    Hmm... aku ga punya ibu mertua... kalo ada apakah dia akan nyuruh2 aku begini ya?? Wahh bisa 'perang' hehehe...
    Btw, makhsud poin nomor satu itu mungkin kayak Tahnik gitu ya..
    Tapi sunnahnya itu khan dengan buah kurma yang sudah dikunyah dan digosok gosokkan di langit2 atas mulut... ketika baby baru lahir (bisa juga diganti dengan sesuatu yang manis)... makanya ortu ganti pake madu karena kalo pake kunyahan kurma takut kesedak kali ya :P
    Tapi kalo pake selai .. waduh.. kayaknya... kok .... :D
    Selamat berjuang saudariku.... Semoga perjuanganmu dimudahkan Allaah... Aamin...

    ReplyDelete
  28. Ya.. karena takut evil eye: Ada doa khusus utk ini:

    http://www.makedua.com/display_dua.php?sectionid=44

    Ibn ‘Abaas related that the Messenger of Allaah (S) used to commend Al-Hasan and Al-Husayn to Allaah’s protection, saying:
    ‘I commend you two to the protection of Allaah’s perfect words from every devil, vermin, and every evil eye.’

    Coba baca di buku doa2 Hisnul Muslim...
    Semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  29. tah geuningan.. cigana mah si teteh daya tarik na ciga magnet nya teh, dugikeun si akang takluk. Sip ah mugi di lancarkeun persiapana nya teh ;-)

    ReplyDelete
  30. bukan tahnik mba achie, madunya di tetesin di luar mulut. Makanya pas besoknya bibir atasnya zeynep ada titik merah krn alergi :-D

    ReplyDelete
  31. Jazakillah khoir mba Achieee ... muuwahh :-*

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails